Tujuan Pemeliharaan Mesin


Melakukan pemeliharaan mesin bertujuan untuk mempertahankan, mengembangkan, melindungi, serta memaksimalkan daya guna atau cara kerja mesin atau peralatan. Selain itu, sebagai upaya atau bentuk pencegahan kerusakan terhadap mesin, baik itu kecil, sedang, maupun overhaul. Pemeliharaan mesin dapat dimulai ketika menggunakan alat tersebut, baik itu sebelum memakai, saat memakai, dan setelah pemakaian. Untuk beberapa mesin tertentu ada beberapa treatment yang harus dilakukan agar kondisinya selalu terjaga. Misalnya pada mesin genset atau sepeda motor, dilakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
Selain itu ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan mesin. Pertama kebersihan mesin. Jika ada kotoran, debu yang melekat pada mesin tersebut, alangkah baiknya jika segera dibersihkan, sehingga debu tersebut tidak masuk ke dalam mesin. Cuci bagian mesin, misalnya pada bagian persneling dengan oli deterjen, kemudian tiup sampai kering dengan kompressor. Panaskan mesin secara teratur, dan mulai hidupkan dengan posisi lambat, kemudian perlahan-lahan ditingkatkan. Dengarkanlah suara mesin apakah ada suara yang terdengar aneh atau tidak normal. Jangan membebani mesin secara tiba-tiba dan kasar. Jika sudah waktunya mengganti pelumas, alangkah baiknya jika tidak menundanya.
Selain hal tersebut masih ada lagi cara yang lebih efektif dalam melakukan pemeliharaan. Drathon Industrial Maintenance merupakan salah satu produk yang digunakan oleh banyak industri besar, seperti industri minyak dan gas bumi, tekstil, listrik, pabrikgula, petrokimiapertambangan, industri pembuatan pesawat terbang, otomotif, dan pabrik rokok. Ada empat jenis produkyaitu chemicalslubricantwelding, dan refractories. Semua produk tersebut meliputi pembersihan, pelapisan, pemeliharaan, pelumas, pengelasan, dan produk tahan api. Banyak industri besar yang memilih Drathon, dikarenakan produk tersebut mudah dan aman digunakan, serta memberikan hasil yang memuaskan.
Selain produk Drathon sebagai produk pemeliharaan mesin, pihak distributor pun melengkapinya dengan produk industrial maintenance lainnya seperti tank lining, battery diagnosis, ceramic coating, metal repair, kamera infrared, peralatan berbasis pneumatik,kompresor, perbaikan dan pemeliharaan pada alat-alat bersuhu tinggi, dan berbagai macam peralatan listrik seperti saklar dan switch.Peralatan listrik tersebut akan menjamin keamanan instalasi listrik di rumah Anda, jadi pada setiap hasil inspeksi listrikyang dilakukan oleh pemerintah akan selalu terlihat dan terbukti selalu dalam keadaan aman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal Apa Saja yang Harus Dipersiapkan dalam Membangun Rumah?

Efektivitas Website Sebagai Media Pemasaran Online

Harga dan Spesifikasi Kamera CANON Digital IXUS 510 HS